Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Di Atm BRI MANDIRI BNI

Cara bayar iuran bpjs lewat atm bri bni mandiri - BPJS merupakan suatu solusi yang dibuat dari pemerintah indonesia agar menjamin kesehatan penduduknya. Untuk anda berwarganegara indonesia disarankan agar mengikuti program bpjs ini, agar ketika anda tiba-tiba terjadi masalah dengan kesehatan datang kerumah sakit tidak perlu bayar karena semuanya sudah ditanggung oleh bpjs. Bagi anda yang belum mendaftar program bpjs, segera daftarkan diri anda atau keluarga anda melalui kantor bpjs ataupun secara online.

Bila anda sudah mendaftarkan diri ke program bpjs dan menjadi anggota peserta bpjs, anda yang masuk kedalam golongan PBI (Penerima Bantuan Iuran) tak perlu bayar iuran bulanan. Dan untuk anda yang masuk kedalam golongan bukan PBI harus membayar iuran setiap bulannya.

Berapa iuran bpjs perbulannya? waktu pertama kali program ini dijalankan golongan bpjs dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Kelas 1 iuran bpjs perbulannya sebesar RP 60.000, untuk kelas 2 iuran bpjs perbulannya sebesar Rp 43.000, dan untuk iuran bpjs kelas 3 Rp 26.000. Tapi ada kenaikan di tahun 2016 untuk iuran bpjs perbulannya, beruntung untuk iuran bpjs golongan kelas 3 tidak ikutan naik yang naik hanya golongan kelas 1 dan kelas 2 saja.

Berapa kenaikan iuran bpjs terbaru saat ini perbulannya? Untuk kelas 1 naik sebanyak 20.000 jadi untuk golongan kelas 1 harus membayar sebesar Rp 80.000 perbulannya. Dan untuk golongan kelas 2 kenaikannya sebesarnya RP 8.000 jadi anda yang masuk kedalam golongan kelas 2 harus membayar iuran bulanan bpjs sebesar Rp 51.000.

Bagaimana cara membayar iuran bulanan bpjs? untuk melakukan pembayaran iuran bpjs bisa dilakukan dengan bank yang sudah menjalin kerjasasama dengan bpjs diantaranya ialah bank BRI, Bank BNI dan Bank Mandiri. Bagaimana jika tidak memiliki rekening bank tersebut? anda masih bisa untuk membayar iuran bulanan bpjs tersebut meskipun tidak memiliki rekening dengan mendatangi salah satu bank itu untuk membayar iuran bpjs anda.

Bagaimana jika anda sudah mempunyai rekening untuk membayaran iuran bpjs? tentu saja lebih mudah bagi anda, anda bisa tinggal mendatangi mesin atm terdekat menggunakan kartu atm anda lalu bayar. Berikut ini cara membayar bpjs melalui atm bni, bca, dan mandiri.

cara membayar iuran bpjs lewat atm

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Di Atm BRI

Datanglah ke atm terdekat jangan lupa bawa kartu atm bri dan kartu bpjsnya (kalau tidak hafal dengan nomor bpjsnya, atau catat nomor bpjsnya diatas kertas atau hp).
Setelah sampai ke mesin atm masukkan kartu atm anda ke mesin atmnya.
Pilih bahasa indonesia (jika ditanya).
Masukkan pin atm anda, setelah masukkan pin atm anda akan muncul menu atm, selanjutnya.

Pilih "transaksi lain"
Kemudian "pembayaran"
Pilih "lainnya"
Lalu pilih lagi "lainnya"
Kemudian pilih "bpjs"

Pilihlah bpjs ketenagakerjaan untuk pembayaran bpjs ketenagakerjaan, dan pilihlah bpjs kesehatan untuk pembayaran bpjs kesehatan.

Setelah itu masukkan kode 88888 ditambah dengan 11 nomor yang ada di belakang kartu bpjs anda. Contoh nomor bpjs anda adalah 0001234512345 maka yang anda masukkan adalah seperti ini 888880001234512345

Setelah itu pilih tombol "benar"

Anda akan ditanyakan lagi mengenai proses pembayaran pada layar, pilih "ya"

Proses pembayaran bpjs sudah selesai, akan muncul pada layar "Transaksi Sudah Berhasil Dilakukan"

Selanjutnya untuk keluarkan kartu atm anda dari mesin atm pilihlah "tidak"

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Di Atm BNI

Pilih bahasa, masukkan pin, pilih pembayaran, menu berikutnya, menu berikunya lagi, pilih bpjs/jkn kesehatan jika membayar bpjs kesehatan dan pilih bpjs ketenagakerjaan jika membayar bpjs ketenagakerjaan.

Masukkan kode pembayaran 88888 ditambah dengan 11 nomor yang ada di belakang kartu bpjs contohnya nomor bpjs anda adalah 0009876567895 maka yang anda masukkan ialah 888880009876567895, lalu pilih "benar", masukkan berapa bulan yang ingin anda bayar pilih 1 untuk 1 bulan pilih 2 untuk 2 bulan dan seterusnya, kemudian pilih "benar", setelah itu akan ada informasi mengenai iuran bpjs anda seperti (nama, alamat dan sebagainya) lalu anda akan diberikan pertanyaan "apakah anda ingin melanjutkannya" pilih "ya", pilih "tabungan" jika pembayaran menggunakan saldo tabungan bank bri anda dan pilih kartu kredit jika oembayaran menggunakan kartu kredit.

Bukti berupa kertas pembayaran akan keluar, ambil kertas itu dan jangan lupa untuk mengeluarkan kartu atm anda dari mesin atm dengan menyelesaikan transaksi.

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Di Atm MANDIRI

Datangi atm terdekat, masukkan kartu atm anda ke mesin atm, pilih bahasa indonesia (jika mesin atmnya bertanya), masukkan nomor pin atm bca anda, pilih bayar / beli, pilih lainnya, pilih bpjs, pilih bpjs ketenagakerjaan jika anda ingin membayar bpjs ketenagakerjaan dan pilih bpjs kesehatan untuk mebayar bpjs kesehatan, pilih badan usaha jika anda peserta iuran bpjs karyawan dan pilih individu jika anda peserta bpjs individu.

Lalu masukkan kode pembayaran 89888 ditambah dengan 11 nomor yang ada dibelakang kartu bpjs anda contohnya nomor kartu bpjs anda adalah 0005432154321 maka nomor yang harus anda masukkan ialah 898880005432154321, lalu pilih "benar", kemudian masukkan berapa bulan yang ingin anda bayar pilih angka 1 untuk bayar 1 bulan pilih angka 2 untuk banyar 2 bulan dan seterusnya, kemudian pilih "benar".

Setelah semua itu selesai pada layar atm anda akan melihat data rincian mengenai informasi kepersertaan bpjs anda, seperti nama, nomor virtual, cabang, dan lain-lain. Jangan tekan "ya" dahulu perhatikan dibawah layar ada "Pilih No.:" Masukkanlah terlebih dahulu kelas bpjs anda, tekan 1 untuk kelas 1, tekan 2 untuk kelas 2 dan seterusnya. Setelah itu baru anda tekan "ya".

Data perincian bpjs anda akan tampil lagi pada layar, selanjutnya langsung saja pilih "ya". Setelah itu akan keluar kertas bukti pembayaran bpjs anda dari mesin atm ambilah kertas tersebut, dan untuk mengeluarkan kartu atm anda dari mesin atm pilih "keluar". Pembayaran bpjs dari atm mandiri selesai.

Itu dia cara bayar iuran bpjs ketenagakerjaan dan kesehatan lewat atm bank mandiri, bank bri, dan bank bni. Baca juga cara bayar iuran bpjs melalui sms banking bri

Popular posts from this blog

Cara Order Pizza Hut Delivery Online Dan Untuk Dibawa Pulang

Cara Beli Koin Line Menggunakan Pulsa XL

Cara Bayar Iuran Bpjs Via Sms Banking Bri